//
you're reading...
Reportase

Peluncuran Dan Bedah Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen

foto bersama penulis dan pembicara

foto bersama penulis dan pembicara

“Meski agak terlambat, tapi tetap menarik untuk dibaca semua orang yang akan berkiprah di dunia politik,” kesan seorang teman saat menghadiri acara peluncuran dan bedah buku: Personal Branding, Kunci Sukses Berkiprah Di Dunia Politik karya Dewi Haroen di Function Room Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta, (Ahad/06/04/2014).

 
Acara yang dibuka pada siang-menjelang sore itu berlangsung hangat. Dengan sambutan “Salam Indonesia Jaya,” perwakilan Gramedia membuka acara peluncuran dan bedah buku karya Dewi Haroen ini dengan menilik pada sebuah novel yang berjudul Imperium bahwa dari kekuatan kata-kata, orang yang sebelumnya bukan siapa-siapa akan menjadi siapa-siapa. “Maka mari menulis buku agar kita abadi,” ajaknya di hadapan teman-teman Blogger Reporter ID, juga teman-teman media dan tamu undangan lainnya.

 
Personal branding, citra diri, personal merk, dll, menurut Prof. Dr. Din Syamsudin adalah sesuatu yang manusiawi. Menurut Din, pada dasarnya manusia memang suka memperkenalkan diri dan itu merupakan sesuatu yang alamiah.
“Lihatlah, kalau foto bersama, hal yang paling pertama kita cari adalah diri sendiri pun ketika di ruang publik,” ungkap Ketua Umum Muhammadiyah yang sekaligus Ketua Umum MUI itu.

 
Menurutnya, citra diri yang muncul pada diri seseorang adalah output dari sebuah proses panjang dan adakalanya dihasilkan dari manipulatif. Sehingga branding yang asli atau original sangat penting dengan tanpa kehilangan nilai.

 
Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Hamdi Muluk mengungkapkan bahwa Branding adalah sesuatu yang sebangun dengan pengembangan diri.

 
“Usaha untuk memaksimalkan diri pada satu tujuan, fokus, unik lama-kelamaan akan menjadi Brand tersendiri. Ketika kita akan membangun diri kita berkelas, maka bangunlah kualitas diri kita“ lanjut Guru Besar Psikologi UI itu.

 
Menurutnya dalam dunia politik saat ini, partai politik harus serius membuat karakter ideologinya jelas, apa sosok jati dirinya atau Brandingnya, yaitu dibangun dari ideologinya dan akan memunculkan program-program dan gerakannya.

 
Prof. Dr. Hamdi Muluk menjelaskan bahwa politik adalah merekrut sejumlah orang yang mau mengurus urusan publik dengan mekanisme dinamika politik yang ada saat ini seperti pada mekanisme pasar yaitu ada pasar ada konsumen sehingga branding sangat penting.

Diskusi Membedah Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen

Diskusi Membedah Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen

“Tapi bila seseorang itu tidak memiliki modal kualitas yang bagus, tidak punya mentality tapi meminta Branding, sama saja itu dengan pencintraan kosong,” tegasnya.

 
Sedangkan Musisi Dwiki Darmawan mengungkapkan bahwa Branding seorang musisi terbentuk dari karya dan prestasi, tapi setelah dunia makin kapitalistik pada akhirnya Branding pun bisa dibentuk melalui media. Bagi seniman yang sudah berkiprah di dunia musik puluhan tahun itu, di dunia musik saat ini pengalaman dan kreativitas tidak ada kaitannya dengan rezeki.

 
Diskusi berlangsung hangat dengan berbagai pertanyaan yang dijawab oleh penulis buku yaitu Dewi Haoen dan pembiacara lainnya, dan berakhir hingga pukul 17.00-an WIB.

 
Jakarta, (Ahad/06/04/2014)

Iklan

About Ayatifa

Muslimah yang di besarkan di sebuah dusun yang bernama Kuamang Kuning di pedalaman Jambi, aktivitas sehari-harinya lebih banyak 'bersembunyi'. Hijrah ke Bogor untuk memenuhi hasrat petualangan intelektualnya. Menyukai dunia politik khususnya yang berkaitan dengan perempuan, keluarga dan generasi. Lahir di Sragen, 20 Juni lebih dari seperempat abad lalu. ^_^ Saat ini sedang belajar menulis untuk mengekspresikan diri. Memperoleh pengalaman yang sangat berharga saat numpang tinggal bersama Dara Apipb di Asrama Putri Bogor hingga menghantarkannya kepada tiga pertanyaan mendasar, "Dari mana kita berasal? Untuk apa kita hidup di dunia? Dan hendak kemana kita setelah kematian? Terkesan dengan sebuah bait, "Islam akan bangkit dengan atau tanpa kita. Lalu, apakah kita termasuk ke dalam orang-orang yang diam saja atau ke dalam barisan orang-orang yang memperjuangkannya?? Padahal, Islam akan tetap bangkit dengan atau tanpa kita." Belajar melawan, melalui perang pemikiran. Allahu Akbar!!!

Diskusi

3 thoughts on “Peluncuran Dan Bedah Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen

  1. And you can find serviced apartments in London ranging from
    one-bedroom apartments to two bedroom apartments for
    a single person, a couple or for the whole family.
    If you live on Pahonyothin or Ladprao roads, you’re only 5-10 minutes from to a
    sky train or underground train station and another 15 minutes to downtown. If
    you are staying in a hotel however, you cannot cook food yourself.
    If you have children, you can never go wrong with this place.

    Posted by 5 star service apartment in mumbai | 7 Oktober 2014, 5:32 am
  2. Berkunjung, jazakillah infonya mba Aya 🙂

    Posted by susaniry | 5 November 2014, 8:08 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Assalamu’alaykum…

Demi Masa

Kini

Statistik Blog

  • 9,150 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: